Langsung ke konten utama

INTERVIEW WITH SHOPEE INDONESIA

Halo semua,

Sebagai jobseeker cerita tentang pengalaman interview pasti berguna banget yakaan hehe.
Jadi sesuai judul, gue mau berbagi cerita tentang pengalaman interview di Shopee.

Pasti kalian semua ga asing kan dengan salah satu e-commerce paling populer saat ini. Untuk informasi detail kalian bisa browsing sendiri deh pake bantuan mbah google. Yang jelas, gue pribadi tertarik dengan start up yang base nya di Singapura ini. Ga cuma di Singapura dan Indonesia aja, karena Shopee adalah perusahaan multinasional di Asia Tenggara dan Taiwan.

Jadi, tanggal 4 Oktober 2019 gue coba apply di Shopee untuk 2 posisi. Yang pertama Global Leader Program dan Business Development (BD). Waktu itu tau informasi rekrutmen Shopee setelah buka web nya. Nah bagi kalian yang berminat bisa cek aja nih di situsnya careers.shopee.co.id

9 Oktober 2019, ternyata dapet email dari HR Shopee untuk posisi Business Development dan diberi info untuk mengikuti tes dan wawancara pada tanggal 15 Oktober 2019 jam 9.30. Kebetulan dapet undangan di kantornya yang ada di daerah SCBD (Sudirman Center Business District), Jakarta Selatan. Nah tips buat kalian sebelum tes, pastinya istirahat yang cukup karena kondisi yang prima itu sangat membantu saat tes dan coba cari tau juga kalo posisi kalian itu jenis tesnya gimana. Karena beda function beda juga nih tesnya. Perkaya diri kalian tentang informasi seputar Shopee juga penting.

15 Oktober 2019. Karena kebetulan domisili gue di Tangerang, jadi mulai berangkat dari rumah jam 7 pagi pake transportasi umum Transjakarta. Sekitar jam 9 gue baru sampe halte GBK dan lanjut jalan kaki ke gedung Pacific Century Place (PCP) sekitar 15 menit (karena memang ga ada kendaraan umum kecuali transportasi online atau pribadi). Oh iya, banyak kok yang jalan kaki dan ada pedestrian street yang nyaman juga. Sampe di PCP, jangan lupa ya untuk menukar KTP kalian di meja receptionist. Sampe di lantai 26, di meja receptionist kita diminta untuk mengumpulkan CV (hanya CV aja ya). First impression liat kantornya Shopee itu bagusss banget hehe. Futuristik sekaleee. Ga lama setelah itu, nama-nama kita dipanggil buat masuk ke dalam ruangan. Waktu itu ada 12 orang peserta satu ruangan dan sepertinya untuk posisi BD sendiri ada 3 ruangan.

Pertama, tesnya adalah 20 soal matematika dalam waktu 20 menit. Boleh menggunakan alat tulis apapun, senyaman kalian aja. Hm, gue pribadi sebenernya sih sedikit pesimis setelah liat soalnya. Itu mirip soal matematika UN and it's been 4 years ago :') Lupaa rumus huhu. Setelah 20 menit, soal dikumpulkan dan kita diminta untuk nunggu. Ga lama setelah itu, HRnya masuk lagi dan manggil beberapa nama untuk diminta keluar dan sisanya stay di dalam ruangan dan gue adalah orang yang tetep di dalem ruangan. Ternyata yang stay di dalam ruangan itu yang lolos untuk tahap berikutnya. Yeaaayyy!! Dari 12 orang di dalam ruangan, gugur 5 orang.

Kedua, tes ketelitian. Simple tapi bener-bener butuh ketepatan dan ketelitian (ya namanya juga tes ketelitian hehe). Jadi contoh soalnya kayak gini, 12345-----12354 kalo kita anggap sama tulis "B" kalo beda kita tulis "S". Waktu itu ada kurang lebih 50 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 4 menit. Berbeda dengan tes sebelumnya, setelah tes ini ga ada yang disuruh keluar (Mungkin semua lolos ya) dan kita lanjut ke interview HR.

Ketiga, HR yang menginterview kita masuk dan ramah bangett. Memang dari awal pegawai Shopee yang berinteraksi dengan kita menurutku sangat ramah dan sopan. Masuk ruangan ga ada yang asal nyelonong aja, minimal ada kata "permisi ya". Pertama-tama HRnya memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Please be prepared ya guys! Setelah itu, kita diminta secara bergiliran untuk memperkenalkan diri kita. Yes, in English ofc. Sebenernya it's okay kalo mau switch jadi ngomong menggunakan bahasa, tapi kita diminta untuk mencoba pake Bahasa Inggris dulu. Seperti perkenalan pada umumnya, nama, lulusan mana, pengalaman. Setelah itu, kita diminta untuk semacam role play gitu. Intinya bagian HR ingin mengetahui sejauh mana sejauh mana communication skill kita. Setelah itu, kita diminta buat nunggu lagi nih.
Nah, sebenernya setelah HR interview ada hal yang mencuri perhatianku banget nih dan menurutku penting buat buat dinotice para peserta yang mengikuti rekrutmen kerja. Jadi, salah satu diantara kita ada yang (maaf) sedikit terkesan sombong. Smart but not really kind. Beberapa kali HR juga menegur langsung ke orang itu, karena dianggap sikapnya bisa mengganggu konsentrasi peserta lain. Karena kita kan sistemnya bukan face to face individually, but in a group. Jadi buat kalian, be nice and respect to each other ya. Karena kita dinilai bukan cuma dari kemampuan, tapi juga bagaimana kita bersikap.

Terakhir, User Interview. Jadi dari 7 orang di dalam ruangan, hanya 2 orang yang lolos sampe tahap user interview. Luckyly, lolos guys! hehe. Total ada 7 orang yang masuk ke tahap ini. User interview ini menggunakan Bahasa dan membahas tentang kerjaan kita secara detail. Ada perkenalan lagi, terus kita juga dijelasin terkait jobdesc.

Pengumumannya bukan di hari yang sama ternyata, kita diminta untuk menunggu max. 2 minggu untuk pengumumannya.

Kurang lebih 7 hari setelah interview user, ternyata gue dapet telfon dari HR untuk membahas tentang offering dan jadwal untuk tanda tangan kontrak. Yeaayyy!

Semoga bermanfaat ya, Good Luck!


Cerita tentang Start Up lainnya on spotify: Radar Ayu



Komentar

  1. Hai, kak! Thanks for sharing. Bagaimana hasil interview user nya kak? Berapa lama akhirnya kakak dikabarin sejak interview user itu? Makasih kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo! Alhamdulillah lolos dan diberikan kabar 5 hari setelah interview user

      Hapus
    2. Interview user ditanya seputar apa ya kak?

      Hapus
  2. MANTAP!!!! Menuju tak terbatas dan melampauinya

    BalasHapus
  3. Kak mau tanya, apa dari total akhir yg 7 orang itu, keterima semua kak? Thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf ya baru respon kembali. Engga keterima semua. 7 orang di tahap user interview, ternyata cuma 1 yang lolos dan itu aku hehehe

      Hapus
  4. Kak mau tanya, jobdesk business development project seperti apa? Dan untuk testnya apakah ada test excel juga?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk BD Project dia akan handle campaignnya Shopee, kalo kalian tau kayak 11.11 , 12.12 dan projek-projek lainnya.

      Untuk BD sendiri pas aku tes sih ga ada test excel, karena aku berperan sebagai RM (Relationship Management)

      Hapus
    2. halo kak, aku mau tanya dong. aku apply untuk relationship management tapi tetap ada tes excelnya. tesnya kaya tes analyst gitu ga ya?

      Hapus
  5. Kak mau tanya, apakah kita bakal ditanya juga tentang ilmu2 seperti pengetahuan tentang sdm atau tentang business developmentnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika rekrutmen sejujurnya aku ga merasa sangat digali tentang Business Developmentnya, tapi lebih diliat sejauh mana skill yg kita punya. Karena function BD di Shopee itu banyaaakk banget dan kayaknya sedikit beda sama beberapa perusahaan lain. Intinya sih, jangan takut kalo blm punya basic/background BD. Good Luck!

      Hapus
  6. Hallo kak. Kira kira selawa interview HR pertanyaan yg dilontarkan apa saja ya kak? Dan apakah full english sampai interview berakhir? Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas interview HR aku ditanya nama, lulusan mana sama pengalaman (in english), sisanya ada pertanyaan lanjutan dari apa yang kita ceritain dan role play gitu (in Bahasa).

      Good Luck buat kamu!

      Hapus
  7. Ada ga sih kak yg jurusan sastra gitu ngelamar disitu. Secara kayak ga ada hubungannya sebenernya sama jurusan. Apa ada trainingnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gausah khawatir kalo ga sesuai sama jurusan, aku juga kok. Aku ada di bagian Business Development, tepatnya sebagai RM (Relationship Manager) dan aku lulusan jurusan Perikanan. Jauh (banget) kan? hehe

      Yes, ada trainingnya nanti seminggu ya. Selama prosesnya kita juga bakal selalu belajar hal baru kok, disini sangat dinamis, akan banyak hal baru juga nanti.

      Semangat!

      Hapus
    2. Ka untuk di shopee all , Div Interview Pakai English ya ?

      Hapus
  8. Kak mau nanya, kalo untuk kontrak 3 bulan itu bakal diperpanjang ga kak? Trs ada kesempatan diangkat jd kartap ga kak? Untuk jenjang karir sendiri gmn kak kalo dr jalur BD ini?
    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa akan diperpanjang selama performa kamu bagus yaa. kesempatan untuk jadi kartap pasti ada :) Kalau jenjang karir, tergantung divisi mana yang kamu pilih, karena BD itu luas banget, masih dibagi jadi banyak divisi lagi.

      Dari aku gini aja, it's worth to try, apalagi buat freshgrad kayak aku.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Terinakasih kak sufah menulis ini

    BalasHapus
  11. Kak... Pas interview pake baju formal(hitam putih) atau casual dan sopan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pakaian ketika interview, itu bisa disesuaikan sama gaya berpakaian perusahaan sehari-harinya.
      Untuk Shopee, kamu bisa pake pakaian semi formal ya ketika interview.

      Kalo aku, waktu itu pake kemeja dan rok casual.

      Hapus
  12. Hallo, thank you for sharing your experience anyway. Mau tanya2 sedikit boleh ya? Kira-kira apply ke shopee langsung ke HR Recruitment itu diperbolehkan nggak?/kalo kita belum terima notice dari HR tapi apply lagi untuk posisi yang kita apply sebelumnya itu masuk blacklist shopee nggak sih?

    Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Disvi! Maksudnya langsung ke HR recruitment itu bagaimana ya?
      Biasanya tunggu 2 minggu, jika tidak ada kabar, bisa daftar di posisi yg sama atau yg berbeda

      Hapus
    2. Apply langsung ke email HR nya juga selain apply di website nya, diperbolehkan juga nggak? Oiya ayu, kalo untuk selama pandemi ini proses rekruitment di Shopee berubah nggak? Boleh minta spill nya dikit ya hehehehe. Thank you anyway, infonya Ayu! :D

      Hapus
    3. sebaiknya bisa melalui website/linkedIn saja yaaa. Iya selama pandemi biasanya proses rekrutmennya secara online

      Hapus
  13. Halo mau tanya kak. Saya udah interwiev user dan hari ini udah tepat 14 hari setelaah interview user tersebut tp blm ada kabar. Apakah boleh saya tanya ke hrnya langsung atau kalau nggak ada kabar otomatis udh nggak keterima? makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lintang! Kindly wait for the confirmation by email ya, tapi kalo sudah 14 hari kerja tanpa kabar, bisa daftar kembali ya

      Hapus
  14. Halo kak, terimakasih sudah mau berbagi pengalamannya. Mau tanya, dulu pas apply shopee cv bahasa indonesia atau inggris kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas daftar aku masih menggunakan CV bahasa indonesia yaa, tapi jika ada yg berbahasa inggris lebih keren deh! :D

      Hapus
  15. Halo kak, saat interview kira2 pertanyaannya apa saja ya kak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti seputar pengalaman kerja atau organisasi, kemudian selanjutnya pertanyaan kondisional, aku pernah ditanya resolusi dalam 5 tahun ke depan

      Hapus
  16. Halo kak! kakak kan jurusannya perikanan ya, pada saat di cv apakah ada pengalaman di luar akademik yang berhubungan dengan BD itu sendiri? dan untuk motletnya sendiri bagaimana jika backgroundnya berbeda jurusan? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa betul, aku jurusan Perikanan. Ya, di CV aku juga melampirkan kegiatan atau pengalaman non akademik, kebetulan ada yg berhubungan sama bisnis dan kebanyakan organisasi sih.

      Hapus
  17. Halo kak mau tanya waktu proses interview user ditanya apa aja ya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga jauh beda dengan pertanyaan HR, tp kalo user karena lebih dijelaskan role detailnya, nanti akan lebih ditanya seputar role yg akan dijalankan nanti

      Hapus
  18. Hi ayu , very helpful i can visit to the ur blog :)
    karena hari ini aku ada jadwal interview dengan tim recruitment via online meeting. And then aku masih belum fasih dalam percakapan bahasa inggris so setelah baca blogmu sangat membantu bgttttt. Aku akan info di awal untuk percakapan bisa pakai bahasa aja daripada aku harus gugup dgn bahasa inggris dan gaisa perform dgn baik

    so , thankyou. I wish lucky will be come to me.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mayga, glad to be helpful. Good luck!

      Hapus
    2. Hay kak mayga. Saya mau nanya kak, untuk perkataan pertama pada saat interview untuk mengatakan info pake bahasa aja gimana kak ??
      Maksud saya kata2 yang sopan yang akan dilontarkan sama bagian hrd
      Karena saya kadang gugup ngomong bahasa inggris.
      Thanks

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. halo kak, terimakasih infonya. mau nanya kak, saat kakak melamar cv yang kakak berikan itu jumlahnya berapa halaman ya kak? dan biasanya berapa lama ya kak HRnya nge-email kita setelah kita melamar? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Shya, waktu apply aku 2 halaman, tapi gaperlu sebanyak itu sebenernya. 1 halaman juga cukup yang penting memuat informasi-informasi yang dibutuhkan yaa. Pengalamanku dibalas emailnya kurang lebih 5 hari kerja, tapi untuk yg kayak gini bisa beda ya tiap orang. Good Luck!

      Hapus
  20. halo kak, mau tnya tes mtk nya kaya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, seperti matematika dasar sbmptn yaa, pengalamanku dulu ada 20 soal

      Hapus
  21. Thank you for sharing your story kak. Mau tanya, kakak pas apply itu yang di attach hanya resume saja atau Ijazah/SKL dan transkrip nilai juga? Terus resume kakak itu ATS friendly atau design? Thanks in advance!

    BalasHapus
  22. waktu itu karena sbnrnya blm lulus, aku blm attach apapun, jadi hanya resume aja dan ga ada desain khusus, simple aja kayak template resume yg ada di Canva, Riva

    BalasHapus
  23. Kak mau nanya, waktu itu ketika test matematika merasa betul brp soal? Soal matematika yg 20 soal 20 menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu aku cuma berhasil isi 12 dari 20 soal, dan kayaknya cuma yakin bener 70-80%nya hehe

      Hapus
  24. Hy mba btw selamat ya
    Mba mau nanya..saya sudah melewati dua tahap,tapi sangat berbeda dengan apa yg dialami orang lain masuk ke shopee. Btw aku tahap pertama test online kayak mtk 20soal dan memilih ganjil genap 1080 soal dlama waktu 45menit saya lolos, tahap kedua interview HRD tapi gak ada ditanya kayak interview hrd umumnya, smaa saya ditanya nama dan backgroud pendidikan dan pengalaman kerja, pengalaman kerja saya 4 tahun memang hampir sam denga n posisi yg saya ambil yaitu customer operation L1, HRD nanya nya juga menikah atau belum, kenapa resign dr kerjaan dulu, siap kerja secepatnya atau belum, riwayat penyakit ada gak, tau kerja Customer operation?kemudian tanya bisa kerja pakai laptop dengan wifi?karena kerja ada WFH sama WFO selang seling..dri keseluruhan mba HRD nya kayak menjelaskan gitu..dan saya interviewnya kemarin dan disuruh nunggu max 2 minggu, saya interview by zoom..itu gimana ya mba,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak, untuk pertanyaan HR setauku akan disesuaikan dengan kebutuhan. kebetulan kita berbeda divisi nih hehe, jadi memang sangat memungkinkan ada perbedaan. Yg aku share disini bukan hal yg saklek/pasti seperti itu, hanya sesuai pengalamanku aja. Untuk interview via zoom itu mungkin karena pandemi ya kak, jadi memang serba online. Good Luck!

      Hapus
    2. Halo kak Jon Pawer Pakpahan, setelah kakak Tes online nya itu berapa lama dikabarin untuk bisa interview HR nya kak?

      Hapus
    3. Halo kak Jon Pawer Pakpahan, mau tanya ini kak, utk customer operation sendiri test nya bahasa inggris apa kita bisa req bahasa indonesia? Terus apa ada roleplay test nya? Kalau ada seperti apa ya?

      Hapus
    4. Kak interview harus pakai b.inggris ya? Kalau kita kurang paham gmna? Lngsung si skip?

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Kak kalau untuk posisi government Relations di shopee itu apakah proses yang dilalui kurang lebih sama seperti yang kakak lalui ? Ada MTK dasar, tes ketelitian, Excel, interview HRD dan user dsb ? Mengingat posisi ini menitikberatkan pada skill komunikasi, analisis, menulis dan negosiasi dan tidak terlalu/ sedikit membutuhkan kemampuan matematis. Bagaimana menurut Kakak atau mungkin temen kakak dari divisi PR ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Brian, untuk posisi tsb jujur aku kurang tau nih tes detailnya akan ada apa aja, tapi setauku untuk matematika itu hampir selalu ada. CMIIW

      Hapus
  27. hai kak mau tanya kalo BD project itu berarti per project (jd gak fulltime) atau gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mayang, iya betul BD Project yg menangani project2 yg ada di Shopee. Jangan khawatir project di Shopee itu buanyak banget dan fulltime atau tidak itu biasanya kesepakatan ketika kontrak kerja. Good Luck!

      Hapus
  28. Halo kak, mau tanya, kalo math test nya soalnya itu pg apa esai ya ka? Makasih

    BalasHapus
  29. halo kak makasih banget informasinya sangat membantu aku :):). kebetulan aku tertarik banget mau daftar business development intern di shopee tapi aku masih semester 6 sekarang dan masih harus kuliah juga, jadi makanya rada bimbang buat daftar hehe menurut kakak bisa ga yaa kalau kuliah online sambil intern di shopee? apakah selama intern di shopee bakal masuk full time dari pagi sampai sore atau gimana kak? untuk kerjanya sendiri langsung ke kantor shopee atau di rumah kak? makasih banyak kak :):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Kebetulan aku gapernah nyoba intern di Shopee sih, jadi balik ke kondisi masing2 kali yaaa buat memperkirakan apakah bisa kehandle 2-2nya atau engga. Karena 2-2nya juga butuh tanggung jawab kamu :) GoodLuck!

      Hapus
  30. kak berarti jenjang karir di shopee tergantung divisi masing" ya? gabisa pinfah divisi kak? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. pindah divisi di Shopee mungkin bgt, tergantung sama manager dan divisi kamu yaa

      Hapus
  31. Halo kak, sebelumnya makasih banget tulisannya sangat membantu. Jadi gini kak aku mau tanya kalo content agent tuh seperti apa ya? Soalnya aku kemarin daftar customer operation tapi pas diemail posisinya jadi content agent apakah emang sama? Terima kasih kak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, aku juga sama nih. Kira kira gmn ya kak?

      Hapus
  32. Aku hari ini interview user bagian cs y ... Degdegan bgt ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interview usernya yg ditanya apa aja gan, trz english apa indo

      Hapus
    2. halo kak mau nanya untuk pengumuman lolos lanjut ke interview user kita kira-kira dikasih tau berapa hari setelah interview hrd ya kak? makasih

      Hapus
  33. Halo kak saya mau bertanya untuk customer operation itu seperti apa ya ka?
    Apa ada interview bahasa inggrisnya

    BalasHapus
  34. ka kalau untuk role playnya di interview seperti apa ya?

    BalasHapus
  35. Halo Kak Ayu, perkenalkan saya Stella, salam kenal dan terimakasih untuk tulisannya benar-benar sangat membantu๐Ÿ˜Š. Kak bila boleh bertanya saya lihat di career website Shopee ada loker BD Seller Incubation (contract based), kalau yg seperti itu kira-kira kontraknya berapa lama ya kak? Terimakasih banyak kak๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  36. Hi kak, aku mau nnya dong. Jadi utk saat ini apakah kakak uda jadi karyawan tetap? Jika sudah, hal apa aja yg harus dicapai supaya bisa menjadi karyawan tetap?

    BalasHapus
  37. Halo kak Ayu ,, mau tanya mengenai proses interview. Jadi saya sudah melewati interview user tgl 23. Lalu saya dapat email kalau saya masih dalam pertimbangan dibagian tersebut, sampai sekarang belum dapat email lagi dari HR mengenai kelanjutan hasil interview saya, sudah email HR namun belum ada balasan, bisa bantu informasi mengenai hal ini kak, terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  38. Hai kak Ayu , aku mau tanya untuk jarak dari Interview HR ke Interview User itu kira-kira berapa lama ya ?? Lolos atau tidak nya itu nantinya di beritahukan ke email atau tidak ??
    Terimakasih ๐Ÿ™

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hallooo! Gue Ayu, seorang pejuang skripsi yang baru aja bikin blog dan mencoba menulis entri pertama sambil ditemani suara hujan di Jatinangor. Well, It's my new blog! yeayy! Sebenernya dulu pernah punya blog, tapi buat tugas sekolah pas SMP aja. Tapi ya gitu, ga diurus, bahkan gue lupa apa passwordnya hehe. Yes, I'm newbie! Kenapa gue bikin blog? Tiap hari gue nulis, tapi untuk konsumsi pribadi aja. Sekarang gue coba buat nulis, yang bisa dibaca kalian :) (Semoga ada yang mau baca ๐Ÿ˜ค). Mungkin ke depannya blog ini bakal jadi wadah gue untuk menuangkan opini-opini atau informasi tertentu. Gue belom tau pasti sih tentang apa. Let us see! Salam Kenal!
FRESH GRADUATE’S LIFE Lagi-lagi gue berada di persimpangan. Bimbang karena banyak pilihan. Ada pilihan yang datangnya dari keinginan, ada juga karena tuntutan. Belom lagi omongan orang-orang, ga pengen didengerin sih, tapi tetep aja menyebalkan. Sebagian lagi bilang, ya begitulah kehidupan orang sedang memulai sesuatu yang baru. We finish something to start so mething. Do you feel what I feel? Mungkin gue cerita dulu kali ya tentang gue. Berawal dari tahun 2015, tahun dimana Unpad menerima gue sebagai mahasiswa. Gue lulus tepat waktu tahun 2019. Kehidupan kuliah gue seperti kebanyakan mahasiswa, kuliah, belajar, organisasi, nongkrong bareng temen-temen. Kesibukan gue ga jauh-jauh dari deadline tugas kampus atau tugas organisasi. Seperti mahasiswa pada umumnya juga, 4 tahun kehidupan gue di kampus diakhiri dengan skripsi. Well, I didn’t really like skripsi. Kalo manusia normal, ya ga ada juga yang suka skripsi sih kayaknya hehe. Don’t you? Gue berada pada titik harus m